Selasa, 11 April 2017

Masa SMP (2); Guru Favorit

Prematur

 
“Guru favorit adalah abadi, cinta ABG lah yang fana.”
(Sito Gendeng)
 
...
Memang, guru favorit akan selalu terkenang. Baik dari cerita yang pernah disampaikannya, maupun sikap kebaikanya. Pelajarannya gimana? Ya situ yang paham lah, inget apa engga pelajaran yang disampaikan di kelas. Tapi yang saya selalu ingat memang cerita-cerita yang disampaikan. Maklum, saya memang ga pintar.
 
 
 
Nemu di Internet. Bagus untuk menggambarkan suasana masa kecil, di Desa.
 
 
 
Salah satu guru favorit saya waktu MTs, Ibu Rohyati (semoga beliau selalu dalam kebaikan, aamiin), pernah bercerita di kelas. Waktu itu baru saja dilaksanakan ujian. Seperti lazimnya semua guru, beliau meminta kami anak kelas VII untuk belajar agar bisa mengerjakan soal ujian dan mendapat nilai yang bagus. Walaupun begitu, beliau tetap maklum jika memang ada yang tidak bisa menjawab soal ujian. Beliau memaklumi, karena selain sekolah kami yang swasta, juga memang anak-anak didiknya jarang ada yang pintar. “Ya tapi kan jangan kebangetan juga jawabnya.”, katanya.
 
Kemudian beliau memberi contoh salah satu jawaban yang ngawur dan kebengetan itu. “Itu loh, anak kelas VIII, kakak kelasmu, cuma soal buat kalimat dengan kata yang disediakan aja ga bisa. Misal buat kalimat yang ada kata prematurnya. Yang namanya prematur kan pengertiannya itu bayi yang lahir dalam keadaan belum sempurna. Masa ada yang jawab begini; ‘Prematur itu berjalan menuju lapangan.’ kan kebangetan, masa prematur bisa jalan, wong baru lahir, dan belum sempurna...”
 
“Grrrrr....” seketika kelas riuh oleh suara tawa anak-anak.
 
Tapi jujur, waktu diceritakan itu sebenarnya saya juga baru tau apa itu prematur... Jadi kalau saya dapat soal begitu, bukan tidak mungkin jawaban saya akan lebih ngawur dan kebangetan lagi, hehehe.
 
----
 
Untuk Ibu Rohyati, yang dulu ngajarin cara buat telur asin dengan abu gosok dan garam. Kemudian dimakan satu kelas bareng-bareng. Mata pelajaran apa itu ya, maaf Bu lupa, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar