Selasa, 24 November 2015

Mengunjungi Pusat Budidaya Lele Sangkuriang Abah Nasruddin; Bapak Lele Sangkuriang

Hari Ahad (22/11) lalu saya mengunjungi pusat budidaya ikan lele sangkuriang milik Abah Nasruddin. Beliau adalah penemu ikan lele jenis sangkuriang yang terkenal itu. Terletak di Desa Gadog, Megamendung Bogor Jawa Barat. Cukup sulit mencarinya, karena beliau tidak terlalu dikenal oleh para supir angkot yang menuju Pasir Muncang. Perjalanan saya mulai dari Depok, naik KRL di stasiun UI sampai stasiun Bogor. Keluar stasiun saya menaiki angkot nomor 03 yang menuju Terminal Baranangsiang, turun depan terminal perjalanan saya lanjutkan dengan naik angkot ke arah Ciawi. Turun di Pasar Ciawi saya lanjutkan naik angkot yang bertulis Pasir Muncang. Turun di SMP Islam di Desa Gadog kemudian saya jalan kaki menyusuri jalan sebelah kiri. Cukup jauh dan lelah jika jalan kaki dari jalan raya menuju lokasi Abah Nasruddin.

Ini adalah kali kedua saya mengunjungi beliau, sekedar silaturahmi dan berharap mendapat ilmu dalam usaha budidaya ikan lele sangkuriang ini. Kunjungan pertama saya lakukan saat bulan Ramadhan tahun ini. Karena saya sendirian dan memang saat puasa seperti itu lokasi budidaya sedang sepi jadi saya hanya sebentar saja mengobrol dengan beliau. Sedikit beliau bercerita bagaimana caranya agar berhasil dalam usaha bidang ini.

Pada kunjungan kedua Ahad lalu itulah saya mendapat banyak pencerahan dari beliau. Saat kemarin itu banyak yang berkunjung juga. Ada yang dari Aceh, Jakarta, Banten ,Cibinong dan Bogor selain saya yang dari Depok. Yang dari Aceh dan Cibinong itu memang sedang berlatih disana dan hari itu adalah hari terakhir pelatihan. Sedangkan yang dari Bogor dan Jakarta mereka sedang melakukan survey untuk kemudian mendaftar pelatihan rencananya. Menurut orang yang dari Banten yang dahulu pernah melakukan pelatihan disana, biaya pelatihan adalah Rp 1.500.000 pada tahun 2012 lalu, entah kalau sekarang. Saya memang tidak berniat mendaftar pelatihan, hanya berkunjung saja, karena saya kagum dengan kegigihan Abah Nasruddin melakukan budidaya hingga menemukan varietas lele sangkuriang yang terkenal unggul.

Tempatnya sederhana, rumah beliau amat sederhana, jauh dari kesan juragan lele yang kaya raya. Padahal jika mau jujur, beliau adalah orang yang kaya raya. Belaiu bercerita beliau telah berhaji dan melakukan Umrah berkali-kali. Pendapatan beliau dari usaha budidaya ini bisa dibilang sangat menguntungkan. Kolam yang berjumlah puluhan, jaringan pembudidaya di seluruh Indonesia yang telah berlatih pada beliau. Beliau mengatakan bahwa orang yang telah melakukan pelatihan pada beliau tidak pernah kebingungan kemana mereka menjual hasil budidaya. Itu dikarenakan para pembeli ikan lele amat banyak. Beliau sendiri yang menawarkan kalau mau jual silahkan hubungi beliau, nanti beliau menghubungi para pelanggannya yang sedang butuh. 
 
Saya sangat terkesan dengan cara beliau menjalin hubungan dengan para murid beliau yang melakukan pelatihan. Mereka dilatih, diberi jaringan sehingga tidak bingung saat menjual, dan selalu melayani para mantan murid yang sedang mempraktekkan ilmunya, jika berkonsultasi karena banyak kendala, beliau tidak pelit memberi arahan kepada mereka. Pun dengan saya yang notabene bukan murid beliau dalam pelatihan, beliau memberi ilmu secara cuma-cuma dalam obrolan siang itu.

Setelah memasuki jam makan siang, kami dipersilakan makan. Kami dihidangkan makan siang berupa ikan lele, lalap, sayur asam, tempe dan sambal, sebuah menu sederhana khas pedesaan yang nikmat. Kami makan di saung bambu milik beliau, letak saung yang tepat menghadap kolam lele beliau yang indah, kami makan dengan menu makan yang nikmat disertai dengan pemandangan yang mengesankan. Sungguh saya terkesan dengan segala kebaikan dan kesederhanaan beliau. Saya yang hanya berkunjung ini dipersilakan makan bersama murid beliau yang notabene membayar biaya untuk pelatihan. Saat saya menanyakan hal tersebut beliau menjawab bahwa beliau mengharuskan diri menyiapkan makan siang bagi siapa saja yang berkunjung ke tempatnya. Semoga beliau diberi kesehatan dan umur yang panjang. Berkahilah Abah Nasruddin, kebaikan selalu ada padanya. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Berikut tips yang saya dapat dari Abah Nasruddin, bermodal ingatan karena tidak sempat menulisnya:
  1. Mulailah dengan perlahan, sedikit-sedikit dulu. Jangan langsung banyak jumlahnya, baik jumlah lele maupun kolam.
  2. Bersedia berpahit-pahit diawal. Seperti tempat untuk kolam diusahakan milik sendiri, tidak meminjam, kalau memang perlu menyewa maka menyewalah, asalkan kita bebas memakainya.
  3. Menyusun kolam dengan batako, tidak perlu di tembok, satu untuk pondasi dan 2 lapisan ke atas. Alasnya tanah.
  4. Gunakanlah kolam dengan dilapisi terpal.
  5. Gunakan bak untuk sortir, hasil produksi pabrik.
  6. Setelah bibit ikan disortir pada pagi, beri makan sore harinya, jangan langsung diberi makan, karna masih stress.


Menurut saya itu adalah hal yang penting, untuk hal lain seperti waktu memberi makan, jenis pakan, ukuran pakan, usia lele dll itu adalah masalah standar dan biasa, bisa dicari sumber referensi lain dan banyak yang memberi informasi tersebut. Demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat. Dibawah ini saya tampilkan hasil dokumentasi kunjungan saya ke pusat budidaya ikan lele sangkuriang milik Abah Nasruddin Sang Bapak Penemu Ikan Lele Sangkuriang di Desa Gadog, Megamendung Bogor Jawa Barat Indonesia.



 
Kolam Lele
Kolam Lele dan Kediaman Abah Nasruddin yang Sederhana



 
Kolam Lele
Kolam Besar




 
Kolam Lele
Kolam Kecil



 
Kolam Lele
Kolam Lele



 
Lele Nongol
Lelenya Cengap-Cengap ke Atas :D


 
Saung Abah Nasruddin
Koleksi Pajangan Abah Nasruddin di Saung


 
Saung Abah Nasruddin
Saung Abah Nasruddin; Tempat Berkumpul Melepas Lelah


 
Kambing Bertabduk 4 Milik Abah Nasruddin
Kambing Abah Nasruddin; Bertanduk 4







Dan inilah foto terakhir; Abah Nasruddin
Abah Nasruddin; Bapak Lele Sangkuriang; Sang Penemu Varietas Ikan Lele Sangkuriang






 Foto: Dokumentasi Pribadi

42 komentar:

  1. Mas ito, saya boleh tanya alamat lengkap pak nasrudin? Dan patokan ke tempatnya. Saya orang bogor timur. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkapnya saya kurang perhatikan, misal jalan dan RT/RW. saya pakai angkot, jadi saya beritau sesuai rute angkot saja, nanti bisa cek sendiri. patokannya dari Pasar Ciawi, naik angkot jurusan Pasir Muncang, kalau naik kendaraan probadi, ikuti saja rute angkot itu, berhenti di SMP Islam, saya lupa nama persisnya, bilang saja SMP Islam di Desa Gadog, Megamendung. Nama desanya Gadog. Setelah itu, ada jalan di sebelah kiri, kalau dari arah Pasar Ciawi. Ikuti saja jalan itu sampai turunan, agak curam. Terus ada jembatan, sungai, setelah jembatan itu ada jalan kecil sebelah kiri, jalan terus sampai mentok, nah itulah rumah beliau. Rumah beliau agak terpisah dari rumah penduduk, karena tanahnya luas. Jangan sungkan bertanya penduduk, orangnya ramah-ramah kok. Semoga ketemua ya.

      Hapus
  2. mas maaf bisa minta nomor telpon abah g

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada Mas, yang dikasih cuma yang daftar pelatihan saja. Saya hanya mengunjungi.

      Hapus
  3. Mas..aq badrul dari pulau bawean,bgaimana cara nya gabung.trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas.nya datang langsung ke lokasi, Abah Nasruddin itu di Bogor.

      Hapus
  4. Mas ito mohon maaf itu kolamnya kho tidak ada saluran pembuanganya kalo hujan gemana apa tidak banjir?trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saluran pembuangan ya, saya ga perhatikan itu Mas. Ga paham juga gimana. Tapi lokasi kolam itu memang di tanah tinggi. Di bawahnya ada kali kecil, jadi saya simpulkan ga mungkin banjir, kalau hujan itu airnya ngalir ke bawah, ke kali itu.

      Hapus
  5. Mas ito, boleh minta nomer hapeny / tdk ?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kontak lewat email saya dulu ya, warsitonf@gmail.com

      Hapus
  6. kalau mau daftar jd peserta pelatihan Abah Nasruddin gmn y?

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya, untuk tempat budidaya ini ada untuk ikan tawar lain atau tidk ya? Terus apakah ada pemasarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pemasaran ikan air tawar lain Mba, khusus lele sangkuriang.

      Hapus
  8. Pasir muncang itu k arah cisarua apa k sukabumi ya pak?
    Sy liat d google maps jdi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas. Arah Sukabumi. Saya dari arah Bogor, sampai persimpangan Pasar Ciawi belok kiri arah Sukabumi. Lalu belok kanan masuk Pasir Muncang.

      Hapus
  9. Mobil bsa masuk k t4 abah nasrudin ga pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas, cuma mepet aja. Agak sempit jalan masuknya.

      Hapus
  10. Kalo beli indukan lele sangkuriang bisa engga di bogor???

    BalasHapus
  11. Yang membutuhkan maxigro buat ternak lele 081227642229 atau http://www.maksiplusnetwork.com/sutarto78

    BalasHapus
  12. Saya mau ikut pelatihan ke abah bagai mana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke tempat beliau bro, alamatnya ada di tulisan di atas hehe.

      Hapus
  13. Mas harga indukan sepasang lele Sangkuriang Abah Nasrudin berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu saya ga tau Mas. Langsung ke lokasi aja. hehe.

      Hapus
  14. Assalamualaikum Mau tanya sy ada rencana Mau ke tmpt abah besok...
    Utk kedatangan jamnya bebas aja ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, ya mungkin baiknya siang aja bro. Jangan sore atau malam.

      Hapus
  15. Kang sy mo bli indukan .kira2 Ad g y dsn

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau Mas, coba langsung survey saja, hehe

      Hapus
  16. Kang boleh minta nomer kontak pak Nasruddin atau admin di sana ..ariefgamis8899@gmail.com ..bisa di kirim ke Email saya

    BalasHapus
  17. Mas kalau misalnya wawancara gitu bisa tidak? Soalnya tidak tertera no telepon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya silahkan wawancara Abah langsung Mas.

      Hapus
    2. Kalau mau ikut pelatihan teknik pembayarannya gimana mas

      Hapus
    3. langsung datang ke tempat Abah mas

      Hapus
  18. Alamat lengkap abah nasrudin di mana mas. Saya mau ikut pelatihan

    BalasHapus
  19. Alamat lengkap abah nasrudin di mana mas. Saya mau ikut pelatihan

    BalasHapus
  20. Jual bibit ikan lele sangkuriangnyag gak?...

    BalasHapus
  21. Abah kan pernah bilang diyotube nih mas, nah klo mau minta ramuanny di kirim ke alamat rumah saya bisa enggk yaa mas

    BalasHapus
  22. Boleh minta no yg bisa di hubungi g mas...

    BalasHapus